Bagi anda calon pembeli
smartphone besutan negara tirai bambu (Tiongkok), Xiaomi, sebelum membeli HP
Xiaomi pastinya anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, mau garansi resmi atau
garansi distributor. Ponsel Xiaomi yang beredar di Indonesia saat ini memang
ada dua pilihan garansi, yaitu garansi resmi dan garansi distributor. Perbedaan
yang paling mencolok dari kedua garansi tersebut adalah dari sisi after sales
saja, atau permasalahan saat klaim garansi jika HP suatu saat terjadi
kerusakan. Selain masalah after sales sepertinya tidak ada yang beda.
Ada kelebihan dan kekurangan dari
masing masing garansi tersebut (garansi resmi dan garansi distributor). Oh ya,
sebelumnya anda harus tahu apa itu garansi resmi dan garansi distributor. Bagi
yang belum tahu, sebagai gambarannya, garansi resmi itu ponsel Xiaomi tersebut
dijual secara resmi oleh distributor di Indonesia yang ditunjuk langsung oleh
pihak Xiaomi. Setahu saya untuk distributor resmi Xiaomi di Indonesia ada dua,
Trikomsel dan Erajaya/ TAM, atau banyak yang menyebut garansi Trikomsel dan
garansi TAM.
Sedangkan untuk garansi
distributor adalah ponsel Xiaomi yang diimpor sendiri oleh beberapa distributor
di Indonesia tanpa ditunjuk secara resmi oleh pihak Xiaomi. Untuk garansi
distributor ini ada beberapa macam, ada garansi WII, Win, BBM, Bcell, Bless,
dan lainnya.Sekarang beranjak ke keuntungan
dan kerugian menggunakan HP Xiaomi dengan garansi resmi dan garansi
distributor. Seperti yang sudah saya jelaskan
di atas, salah satu keuntungan/ kelebihan menggunakan HP dengan garansi resmi
adalah saat urusan after sales atau saat klaim garansi. Kalau garansi resmi,
jika HP Xiaomi anda ada kerusakan, tinggal anda bawa ke Service Center Xiaomi
terdekat di kota anda, maka HP anda akan diperbaiki dengan segera. Lokasi
Service Center Xiaomi ini juga sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia,
jadi memudahkan bagi anda pengguna ponsel Xiaomi garansi resmi untuk klaim
garansi.
Sedangkan untuk garansi
distributor ini after salesnya yang sedikit ribet. Pusat service garansi
distributor sendiri saat ini hanya berada di Jakarta. Jadi jika anda berada di
luar kota Jakarta atau bahkan mungkin berada di luar Pulau Jawa, untuk klaim
garansi ini jadi ribet, harus kirim barang ke Jakarta, belum lagi tidak tahu
pasti kapan selesainya. Ini yang menjadi salah satu kekurangan dari ponsel
Xiaomi bergaransi distributor. Kemudian untuk masalah kekurangan
dari garansi resmi adalah lambatnya penjualan HP Xiaomi. Seperti yang anda
ketahui, saat ini, smartphone Xiaomi yang sudah berteknologi 4G kesulitan untuk
memasarkan secara resmi di Indonesia. Ini diakibatkan peraturan TKDN yang
diterapkan oleh pemerintah Indonesia, yang kemungkinan memberatkan pihak Xiaomi,
dan berujung pada terhentinya penjualan produk Xiaomi berteknologi 4G di
Indonesia. Ponsel Xiaomi berteknologi 4G yang terakhir masuk secara resmi di
Indonesia adalah Xiaomi Mi4i. Waktu itu peraturan TKDN pemerintah belum seketat
sekarang sehingga HP Xiaomi Mi4i mudah dipasarkan di Indonesia.
Jadi misal hari ini ada perilisan
produk smartphone baru dari Xiaomi di China sana, kemungkinan penjualan secara
resmi ke Indonesia bisa berbulan bulan kemudian, atau bahkan tidak dijual resmi
di Indonesia. Sedangkan untuk keuntungan
menggunakan HP Xiaomi bergaransi distributor adalah cepat masuknya HP Xiaomi ke
Indonesia. Jika ada produk baru dirilis di China sana, distributor tidak resmi
di Indonesia berlomba lomba untuk mengimpor produk baru tersebut. Dan biasanya,
tidak lama setelah produk baru Xiaomi meluncur, sudah ada distributor yang
menjual produk tersebut. Anda bisa dengan mudah menemukan produk HP Xiaomi
bergaransi tidak resmi di toko toko online seperti Lazada, Tokopedia, Elevenia,
dan sebagainya. Padahal yang garansi resmi saja belum kelihatan kabarnya.
Itulah sedikit gambaran tentang
perbedaan garansi resmi dengan garansi distributor produk HP Xiaomi. Mungkin
penjelasan di atas tidak pas atau tidak rinci, karena saya sendiri hanya
menggambarkan secara garis besar saja agar mudah dimengerti. Jadi bagi anda
yang ingin membeli HP Xiaomi sudah tahu mau pilih garansi resmi yang harus
menunggu lama berbulan bulan atau garansi distributor yang sudah siap
barangnya. Mudah mudahan bermanfaat bagi anda.
MKSihh gan artikel nya sangat bgs.. Dn sdkit curhat harga xiaomi dg logo tam. Sdkt lbh mahal... Mukin krn resmi kali yA
ReplyDeleteLCD Window Surface Pro 4 sering goyang sendiri
ReplyDeletehttp://zapplerepair.com/jasa-claim-garansi-Window-Surface-Pro-Indonesia-International.html
makasih gan, sekarang jadi tahu mana yg lebih baik.
ReplyDeleteMantap mim, saia suka artikelmu, jelas..
ReplyDelete