BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Salah satu tujuan dari proses belajar mengajar adalah adanya
perubahan tingkah laku baik aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif),
maupun aspek psikomotorik. Salah satu perubahan aspek kognitif siswa dapat
dilihat dari indeks prestasi yang diperoleh. Indeks prestasi dijadikan sebagai
tolak ukur penguasaan akademik mahasiswa. Semakin baik penguasaan akademik
siswa, maka prestasi yang diperoleh pun akan baik pula.[1]
1.2. Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
minat dan motivasi siswa LPIT Adz-Dzikra?
2.
Bagaimana prestasi belajar siswa LPIT Adz-Dzikra?
3. Apakah
minat dan motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa LPIT Adz-Dzikra?
1.3. Tujuan
Penelitian
1. Mengetahui
faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa LPIT Adz-Dzikra
2.
Mengetahui prestasi belajar siswa LPIT Adz-Dzikra
3.
Mengetahui apakah minat dan motivasi berpengaruh terhadap prestasi
belajar siswa LPIT Adz-Dzikra
1.4. Kegunaan
Penelitian
1. Hasil
penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai bahan masukan kepada instansi atau
lembaga yang berkompeten untuk pengembangan kebijaksanaan di bidang pembangunan
pendidikan, khususnya LPIT Adz-Dzikra.
2. Hasil
penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai bahan informasi bagi peneliti yang
ingin mengadakan penelitian yang sejenis di masa yang akan datang.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1. Telaah Pustaka
Pengertian
Prestasi Belajar
Prestasi belajar merupakan hasil yang didapat dengan baik pada seorang
siswa baik dalam pendidikan atau bidang keilmuan. Siswa memperoleh presatasi
belajar dari hasil yang telah dicapai dari proses belajar. Prestasi belajar
merupakan hasil pencapaian yang maksimal menurut kemampuan siswa pada waktu
tertentu pada sesuatu yang dipelajari, dikerjakan, dimengerti dan diterapkan.[2]
2.2. Kajian
Teoritik
Minat:
·
Minat mempengaruhi bentuk intensitas cita-cita.
·
Minat sebagai tenaga pendorong yang kuat.
·
Prestasi selalu dipengaruhi oleh jenis dan intensitas.
·
Minat yang terbentuk sejak kecil/masa kanak-kanak sering terbawa
seumur hidup, karena minat membawa kepuasan.
Motivasi:
·
Motivasi mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan.
·
Tanpa motivasi, tidak akan timbul sesuatu perbuatan, seperti belajar.
·
Motivasi berfungsi sebagai pengarah. Artinya, motivasi mengarahkan
perbuatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
·
Motivasi berfungsi sebagai penggerak.
·
Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu
perbuatan.[3]
2.3. Hipotesis
Penelitian
Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan, penulis mengajukan
hipotesis sebagai berikut: “Minat dan motivasi berpengaruh terhadap prestasi
belajar siswa LPIT Adz-Dzikra Manisrenggo-Kediri”.
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1. Jenis/Pendekatan
Bahwa
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitiannya
yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi.
Variabel yang
akan dipelajari dalam penelitian ini adalah variabel independen dan variabel
dependen. Variabel independen adalah minat belajar (X 1) dan motivasi belajar
(X2), sedangkan variabel dependen adalah prestasi belajar siswa (Y).
3.2. Waktu dan
Tempat Penelitian
Penelitian ini
dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Adz-Dzikra Kelurahan
Manisrenggo Kota Kediri, Pada:
Hari : Selasa
Tanggal : 16 Mei 2017
3.3. Populasi dan
Sampel
Dalam
penelitian ini, yang menjadi populasinya adalah sebagian siswa LPIT Adz-Dzikra,
yang berjumlah 10 orang.
Dalam
penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh atau sampel
populasi. Teknik sampling ini dipilih karena populasinya kurang dari 100 orang.
3.4. Metode
Pengumpulan Data
Dalam upaya
mengumpulkan data yang akurat mengenai variabel-variabel yang akan dipelajari,
peneliti menggunakan beberapa teknik, yaitu:
a.
Wawancara dan angket, teknik ini dimaksudkan untuk mengetahui
pengaruh minat dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa.
b.
Dokumentasi, teknik ini dimaksudkan untuk memperoleh data tentang
pretasi belajar siswa berdasarkan Indeks Prestasi Sementara (IPS).
3.5. Instrumen
Penelitian
Minat belajar
adalah kecenderungan subjek yang menetap untuk merasa tertarik pada bidang
studi atau pokok bahasan tertentu dan merasa senang mempelajari materi tersebut
yang diukur dengan menggunakan angket yang sesuai dengan indikator : sangat setuju,
setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju.
|
Y
Keterangan :
X1 = Minat
X2 = Motivasi
Y = Prestasi
belajar
3.6. Analisis Data
Data yang
diperoleh dari hasil penelitian akan diolah dengan menggunakan analisis deskriptif
dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif dilakukan
dengan mendeskripsikan semua data dari semua variabel dalam bentuk distribusi
frekuensi.
Untuk menguji
pengaruh antara variabel bebas seperti minat dan motivasi terhadap prestasi
belajar yang mempunyai data kuantitatif dipakai uji statistik regresi ganda
dengan model sebagai berikut :
Y = X2 + X2
Dengan: Y = Prestasi belajar
X1 = Minat
X2 = Motivasi
Daftar Pustaka
JURNAL MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN (MAPAN), VOL. 1 NO. 1 DESEMBER
2013: 151-177.
Adisusilo, Sutarjo, Pembelajaran Nilai-Karakter, Jakarta,
Raja Grafindo Persada, 2012.
Fadillah dan
Lilif Mualifatu Khorida, Muhammad, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,
Jakarta, Ar-Ruzz Media, 2012.
[1] JURNAL MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN (MAPAN), VOL. 1 NO. 1 DESEMBER
2013: 151-177
[2] Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai-Karakter, (Jakarta: Raja
Grafindo Persada, 2012), 16.
[3] Muhammad Fadillah dan Lilif Mualifatu Khorida, Pendidikan Karakter
Anak Usia Dini, (Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), 165.
Comments
Post a Comment