Skip to main content

FORM WAWANCARA SISWA STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Nama                    : ..................................................
Kelas                     : ..................................................

A.   Mengembangkan Sikap Sosial dengan Karakter
1.       Apakah kamu sudah melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.       Apabila kamu melakukan suatu tindakan dan memahami  tentang resikonya, apakah kamu sanggup menerima resiko tersebut?
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.       Kegiatan-kegiatan atau wadah seperti apa yang difasilitasi oleh madrasah untuk memupuk karakter kejujuran dan tanggung jawabmu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.       Apabila kamu melakukan kesalahan terhadap temanmu apakah kamu mau mengakui kesalahan tersebut dan meminta maaf?
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.       Apabila kamu berjanji apakah kamu akan menepatinya? Biasanya dalam hal apa kamu berjanji dengan temanmu?
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.       Apakah kamu mempunyai sikap peduli kepada sesama?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7.       Hal apa yang pernah atau biasanya kamu lakukan untuk menunjukkan/ mengaplikasikan kepedulian terhadap sesama?
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8.       Apakah kamu sudah mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
9.       Apa aksi nyatamu untuk menjaga agar lingkungan madrasah tetap bersih dan sehat?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
10.   Apakah kamu menyukai sikap gotong royong? Dalam kegiatan apa kamu menjalankan karakter gotong royong?
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
11.   Apakah saat diskusi kelompok kamu ikut aktif terlibat dalam diskusi tersebut?
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
12.   Apakah di tempatmu mencari ilmu ini siswa dilibatkan dalam penyusunan tata tertib madrasah?
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
13.   Apakah kamu sudah mempunyai karakter percaya diri? Seberapa tinggi tingkat kepercayaan dirimu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
14.   Apabila ada suatu permasalahan di kelas/organisasi apakah kamu segera membuat keputusan dan bertindak dengan cepat?
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
15.   Apakah kamu berani mempresentasikan tugas dan menggunakan hak demokrasimu seperti berpendapat, menjawab pertanyaan, bertanya dalam berbagai kesempatan?
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
16.   Apakah kamu sudah mempunyai sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari?
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
17.   Apakah kamu rela berkorban untuk kepentingan bersama contohnya adalah kepentingan kelas?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
18.   Apakah di madrasah terdapat kegiatan yang bersifat menghargai dan menjaga keragaman dan kekayaan budaya bangsa?
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
B.        Mengembangkan Perilaku Sehat Jasmani dan Rohani
19.   Apakah kamu aktif masuk sekolah untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
20.   Apakah kamu aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler? Ekstrakurikuler apa yang kamu ikuti?
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
21.   Apakah kamu pernah punya prestasi dalam bidang non akademis baik yang dilaksanakan di internal madrasah atau di luar madrasah? Sebutkan!
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
22.   Apakah di madrasah tempatmu belajar pernah ada sosialisasi atau penyuluhan tentang pencegahan NAPZA dan HIV/AIDS?
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C.    Dimensi Pengetahuan yang Dikembangkan oleh Madrasah
23.   Apakah kamu dapat mengikuti dengan baik setiap guru menjelaskan materi pelajaran?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
24.   Berapa persen komposisi antara konsep dan praktik yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
25.   Menurut analisismu matapelajaran berikut yang lebih mengedepankan/ lebih banyak konsep/ wawasan ilmu dalam bentuk ceramah yang diberikan oleh guru dan pelajaran yang banyak menekankan pada praktik adalah:
a.    Matapelajaran dalam rumpun IPS         : .........................................................................
b. Mapel dalam rumpun MIPA                  : ..........................................................................
c.       Mapel dalam rumpun Bahasa              : ..........................................................................
d.      Mapel dalam rumpun PJOK                : ..........................................................................
e.      Mapel dalam rumpun Seni/ Prakarya    :..........................................................................
f.        Mapel rumpun Agama Islam           : 1) Fiqih                   : ...............................
                                                       2) SKI                    : ................................
                                                       3) Akidah Akhlak    : ................................
                                                       4) Al-Qur’an Hadist : ...............................                                
26.   Apakah guru saat memberikan materi selalu/sering/jarang mengaitkannya dengan fakta-fakta terbaru yang ada di masyarakat?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
D.    Kegiatan yang menunjukkan kemampuan Siswa Berpikir Kreatif, Produktif, dan Kritis
27.   Apakah kegiatan di dalam kelas yang menurutmu menumbuhkan keterampilan berfikir kreatif, produktif, dan kritis?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
28.   Pengalaman pembelajaran apakah yang berada di luar kelas yang dapat menumbuhkan keterampilan, berpikir kreatif, produktif, kritis, mndiri, kolaboratif dan komunikatif?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
29.   Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan belajar mengajar di laboratorium?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
30.   Apakah di madrasah ada program studi wisata/ SKAL? Bagaimana pendapatmu tentang program tersebut?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
31.   Apakah kamu pernah melakukan penelitian sederhana?
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
32.   Apakah di madrasah ada agenda yang sudah rutin dilaksanakan dalam kegiatan pementasan karya seni dan pameran hasil karya siswa?
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
E.    Kegiatan yang Mencerminkan Keterampilan Bertindak secara Mandiri, Kolaboratif, dan Komunikatif
33.   Apakah kamu pernah diberikan tugas oleh guru baik individu dan kelompok?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
34.   Apakah kamu pernah diminta oleh guru untuk mempresentasikan hasil tugas yang kamu kerjakan?
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
35.   Apakah kamu pernah terlibat dalam kepanitiaan di kegiatan yang diadakan oleh madrasah?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
36.   Apakah di madrasah tempatmu belajar siswa dilibatkan dalam penyusunan program madrasah?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Comments

Popular posts from this blog

Cabang Kaidah Masyaqqah Tajlibu Al-taisir

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Syariat Islam tidak mentaklifkan kepada manusia sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh mereka dan sesuatu yang boleh menjatuhkan mereka ke dalam kesusahan atau dengan sesuatu yang tidak bertepatan dan serasi dengan naluri serta tabiat mereka. Masyaqqah atau kesukaran yang akan menjadi sebab kepada keringanan dan dipermudahkan berdasarkan kaedah ini ( masyaqqah tajlibu al-taisir ) ialah masyaqqah yang melampaui hal biasa dan tidak mampu ditanggung oleh manusia pada kebiasaannya, bahkan bisa memudaratkan diri seseorang dan menghalanginya dari melakukan   amal yang berguna. Kesukaran dan kesulitan yang menjadi problematika dan dilema yang terjadi pada mukallaf menuntut adanya penetapan hukum untuk mencapai kemaslahatan dan kepastian hukum guna menjawab permasalahan yang terjadi.  Sebelum adanya makalah ini, terdapat penjelasan tentang qaidah pokok dari masyaqqah tajlibu al-taisir, dan ini adalah tahap yang selanjutnya yaitu membaha

Tahapan – tahapan Dalam Tasawuf Untuk Mencapai Ma’rifat

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Melihat sejarah kehidupan dan perjuangan al-Gazali (450-505 H./1058-1111 M.) yang panjang dan melelahkan untuk mencari pengetahuan yang benar (al-makrifat) yang mampu meyakinkan dan memuaskan batinnya, akhirnya, ia temukan pengetahuan yang benar setelah ia mendalami dan mengamalkan ajaran kaum sufi. Dalam kajian ilmu tasawuf “Ma’rifat” adalah mengetahui Tuhan dari dekat, sedekat-dekatnya sehingga hati sanubari dapat melihat Tuhan”. Menurut shufi jalan untuk memperoleh ma’rifah ialah dengan membersihkan jiwanya serta menempuh pendidikan shufi yang mereka namakan maqamat, seperti hidup, taubat, zuhud, wara’, ikhlas, sabar, syukur, qona’ah, tawakal, ridlo, mahabbah,  barulah tercapai ma’rifat. Dengan kata lain ma’rifat  merupakan maqomat tertinggi dimana puncak seorang hamba bersatu dengan sang Khaliq.    Dalam makalah ini kita akan membahas tentang Ma’rifah dan Tahapan-tahapan untuk mencapai ma’rifat. Semoga makalah ini dapat bermanfaat

TAFSIR AYAT TENTANG KEBUTUHAN DAN KEINGINAN

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Al-Quran merupakan mukjizat yang sampai saat ini masih bisa kita pegang dan jumpai. Tak hanya mampu menjadi sumber hukum utama bagi umat Islam. Al-Quran juga mengandung beragam pengetahuan yang mampu mengikuti perkembangan zaman, tak terkecuali dalam hal ekonomi. Begitu banyak ayat al-Quran yang menerangkan mengenai kegiatan-kegiatan ekonomi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Terdapat beberapa ayat al-Quran yang menjelaskan hal tersebut. Di antara ayat tersebut terdapat dalam surat al-Mu’min ayat 80, al-Baqarah ayat 216, dan an-Nisa’ ayat 27 yang perlu dikaji lebih dalam demi terpenuhinya kebutuhan dan keinginan yang sesuai prinsip Islam. B.      Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang tersebut, penyusun merumuskan masalah-masalah yang akan dikaji dalam makalah ini adalah sebagai berikut: 1.       Bagaimana tafsir, kajian ekonomi, serta cotoh nyata dalam surat al-Mu’min ayat 80? 2.       Bagaimana tafsir, kajian eko