| 
Kompetensi Dasar / Pokok  Bahasan : | 
                                     Lingkup  Materi  Soal :  | 
Ket. | 
| 
5.1. ,
  5.3.  dan  5.4. 
  PENGAMATAN GEJALA ALAM    (
  Biologi ) | 
1.Gejala
  Alam Biotik,2. Gejala Alam Abiotik, 3.Mikroskop :a.Jenis-jenis Mikroskop, b.
  Bagian-bagian Mikroskop, c. Cara 
menggunakan
  mikroskop. | 
Hal 2
  dst | 
| 
5.2. GERAK
  LURUS   
       ( Fisika ) | 
1.Pengertian
  Gerak, 2. Macam-macam gerak berdasarkan lintasanya :a. Gerak lurus ( GLB dan
  GLBB ),b.Gerak Parabola, 
c.
  Gerak Melingkar, 3. Kecepatan ( Pengertian,rumus dan sa- 
tuan,soal
  ), 4. Percepatan : a. GLBB Dipercepatan, b. GLBB Di- 
perlambat,b.Rumus
  GLBB dipercepat dan diperlambat,beser- 
ta
  contoh-contohnya, 5. Gerak nyata dan gerak semu. | 
Hal 
17 dst | 
| 
6.1. CIRI-
  CIRI  MAKHLUK         HIDUP ( Biologi ) | 
1.Ciri-ciri
  makhluk hidup,2.Berkembang Biak: a. Secara kawin 
(Generatif),contohnya,
  b. Secara tidak kawin (Vegetatif ),con- 
tohnya,
  3. Metamorfosis, 4. Fotosintesis,5. Gerak Tumbuhan | 
Hal 
30 dst | 
| 
6.2. KLASIFIKASI
  MAKHLUK HIDUP   ( Biologi ) | 
1.
  Keanekaragaman makhluk hidup, 2. Klasifikasi makhluk hi- 
dup
  :a.tujuan klasifikasi,b.Takson Dunia Hewan dan Tumbuh-an (Urutan: Species>
  Genus>Familia> dst ),3. Macam-macam Sistem Kingdom,4.Ciri-ciri Tumb
  Paku, 5.Ciri- ciri Tumbuhan Lumut,, 6.Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil dan
  Monokotil. | 
Hal 
39 
dst | 
| 
6.3.
  ORGANISASI KEHIDUPAN 
       ( Biologi ) | 
1.Sel  : a. Bagian-bagian sel (membrane sel,
  protoplasma,inti) 
b.Organel2
   Sel,  2. Sel Hewan dan Tumbuhan, 3.Jaringan  sel, 
4.
  Jaringan sel  saraf  ( Neuron 
  sensori, motorik, efektor ),  
5.
  Organ dan sistem organ pada manusia ,6. Jaringan  pada  tumbuhan
  (Xilem,Floem,epidermis,parenkim ), 7.Organ pada 
tumbuhan. | 
HAL 60
  dst | 
| 
7.1. EKOSISTEM                           
        ( Biologi ) | 
1.Ekosistem,2.Komponen
  Biotik dan abiotik Ekosistem,3.Or- 
ganisme
  heterotrof dan autotrof,contohnya,4.Rantai maka- 
nan,5.Jaring-jaring
  makanan,5.Simbiosis:Mutualisme,Komen- 
salisme,
  Parasitisme,contohnya, 6. Predasi , 7. Arus Energi | 
Hal 72
  dst | 
| 
7.2. KEANEKARAGAMAN
  MAKHLUK HIDUP (Biologi ) | 
1.Keanekaragaman
  gen,  2. Sumber Daya Alam ( Pelestarian
   
dan
  Perlidungan Alam :  a. Suaka
  Margasatwa,b.Cagar Alam , 
Hutan
  wisata, Taman Nasional. | 
Hal 85
  dst | 
| 
7.3. PENGARUH
    KEPADATAN 
 POPULASI MANUSIA THDP 
 LINGKUNGAN ( Biologi) | 
1.Populasi
  penduduk, 2.Dinamika penduduk : a. Natalitas, b. 
Mortalitas,
  3. Kepadatan penduduk,4.Ketersediaan air bersih 
4.
  Tujuan Catur Warga, 5. Revolusi Hijau, 6. Revolusi Biru, 7.  | 
Hal  
95 dst | 
| 
7.4.PENGELOLAAN
  LINGKU- 
       NGAN  ( Kimia-Biologi) | 
1.Kerusakan
  Lingkungan, 2. Pencemaran : air, udara, tanah,  
3.  Efek rumah kaca,   4. Pemanasan Global,   5. Hujan Asam,  
6.
  Kerusakan Lapisan Ozon, 7. Sifat Zat 
  Pencemar  udara : CO, CFC,  CO2,  NO2, SO2  dan asap. | 
Hal  
107
  dst | 
| 
Sumber acuan referensi materi dari
  buku  :  | 
1.LKS CERAH IPA Kelas  VII SMP, 
  2. Buku Cerdas IPA SMP,  
3.IPA TERPADU BIRU Tim Abdi Guru SMP/MTs
  VII. |  | 
|  |  |  | 
      BAB I   PENDAHULUAN   A.     Latar Belakang   Syariat Islam tidak mentaklifkan kepada manusia sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh mereka dan sesuatu yang boleh menjatuhkan mereka ke dalam kesusahan atau dengan sesuatu yang tidak bertepatan dan serasi dengan naluri serta tabiat mereka. Masyaqqah  atau kesukaran yang akan menjadi sebab kepada keringanan dan dipermudahkan berdasarkan kaedah ini ( masyaqqah tajlibu al-taisir ) ialah masyaqqah yang melampaui hal biasa dan tidak mampu ditanggung oleh manusia pada kebiasaannya, bahkan bisa memudaratkan diri seseorang dan menghalanginya dari melakukan   amal yang berguna.   Kesukaran dan kesulitan yang menjadi problematika dan dilema yang terjadi pada mukallaf menuntut adanya penetapan hukum untuk mencapai kemaslahatan dan kepastian hukum guna menjawab permasalahan yang terjadi.    Sebelum adanya makalah ini, terdapat penjelasan tentang qaidah pokok dari masyaqqah tajlibu al-taisir, dan ini adalah tahap yang s...
Comments
Post a Comment