Skip to main content

KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER GENAP MAPEL IPA KELAS VII TAPEL 2016 / 2017

         
Kompetensi Dasar / Pokok  Bahasan :
                                     Lingkup  Materi  Soal :
Ket.
5.1. , 5.3.  dan  5.4.  PENGAMATAN GEJALA ALAM    ( Biologi )
1.Gejala Alam Biotik,2. Gejala Alam Abiotik, 3.Mikroskop :a.Jenis-jenis Mikroskop, b. Bagian-bagian Mikroskop, c. Cara
menggunakan mikroskop.
Hal 2 dst
5.2. GERAK LURUS 
       ( Fisika )
1.Pengertian Gerak, 2. Macam-macam gerak berdasarkan lintasanya :a. Gerak lurus ( GLB dan GLBB ),b.Gerak Parabola,
c. Gerak Melingkar, 3. Kecepatan ( Pengertian,rumus dan sa-
tuan,soal ), 4. Percepatan : a. GLBB Dipercepatan, b. GLBB Di-
perlambat,b.Rumus GLBB dipercepat dan diperlambat,beser-
ta contoh-contohnya, 5. Gerak nyata dan gerak semu.
Hal
17 dst
6.1. CIRI- CIRI  MAKHLUK         HIDUP ( Biologi )
1.Ciri-ciri makhluk hidup,2.Berkembang Biak: a. Secara kawin
(Generatif),contohnya, b. Secara tidak kawin (Vegetatif ),con-
tohnya, 3. Metamorfosis, 4. Fotosintesis,5. Gerak Tumbuhan
Hal
30 dst
6.2. KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP   ( Biologi )
1. Keanekaragaman makhluk hidup, 2. Klasifikasi makhluk hi-
dup :a.tujuan klasifikasi,b.Takson Dunia Hewan dan Tumbuh-an (Urutan: Species> Genus>Familia> dst ),3. Macam-macam Sistem Kingdom,4.Ciri-ciri Tumb Paku, 5.Ciri- ciri Tumbuhan Lumut,, 6.Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil dan Monokotil.
Hal
39
dst
6.3. ORGANISASI KEHIDUPAN
       ( Biologi )
1.Sel  : a. Bagian-bagian sel (membrane sel, protoplasma,inti)
b.Organel2  Sel,  2. Sel Hewan dan Tumbuhan, 3.Jaringan  sel,
4. Jaringan sel  saraf  ( Neuron  sensori, motorik, efektor ),
5. Organ dan sistem organ pada manusia ,6. Jaringan  pada  tumbuhan (Xilem,Floem,epidermis,parenkim ), 7.Organ pada
tumbuhan.
HAL 60 dst
7.1. EKOSISTEM                         
        ( Biologi )
1.Ekosistem,2.Komponen Biotik dan abiotik Ekosistem,3.Or-
ganisme heterotrof dan autotrof,contohnya,4.Rantai maka-
nan,5.Jaring-jaring makanan,5.Simbiosis:Mutualisme,Komen-
salisme, Parasitisme,contohnya, 6. Predasi , 7. Arus Energi
Hal 72 dst
7.2. KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP (Biologi )
1.Keanekaragaman gen,  2. Sumber Daya Alam ( Pelestarian
dan Perlidungan Alam :  a. Suaka Margasatwa,b.Cagar Alam ,
Hutan wisata, Taman Nasional.
Hal 85 dst
7.3. PENGARUH   KEPADATAN
 POPULASI MANUSIA THDP
 LINGKUNGAN ( Biologi)
1.Populasi penduduk, 2.Dinamika penduduk : a. Natalitas, b.
Mortalitas, 3. Kepadatan penduduk,4.Ketersediaan air bersih
4. Tujuan Catur Warga, 5. Revolusi Hijau, 6. Revolusi Biru, 7.
Hal
95 dst
7.4.PENGELOLAAN LINGKU-
       NGAN  ( Kimia-Biologi)
1.Kerusakan Lingkungan, 2. Pencemaran : air, udara, tanah,
3.  Efek rumah kaca,   4. Pemanasan Global,   5. Hujan Asam,
6. Kerusakan Lapisan Ozon, 7. Sifat Zat  Pencemar  udara : CO, CFC,  CO2,  NO2, SO2  dan asap.
Hal
107 dst
Sumber acuan referensi materi dari buku  :
1.LKS CERAH IPA Kelas  VII SMP,  2. Buku Cerdas IPA SMP,
3.IPA TERPADU BIRU Tim Abdi Guru SMP/MTs VII.






Comments

Popular posts from this blog

Cabang Kaidah Masyaqqah Tajlibu Al-taisir

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Syariat Islam tidak mentaklifkan kepada manusia sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh mereka dan sesuatu yang boleh menjatuhkan mereka ke dalam kesusahan atau dengan sesuatu yang tidak bertepatan dan serasi dengan naluri serta tabiat mereka. Masyaqqah atau kesukaran yang akan menjadi sebab kepada keringanan dan dipermudahkan berdasarkan kaedah ini ( masyaqqah tajlibu al-taisir ) ialah masyaqqah yang melampaui hal biasa dan tidak mampu ditanggung oleh manusia pada kebiasaannya, bahkan bisa memudaratkan diri seseorang dan menghalanginya dari melakukan   amal yang berguna. Kesukaran dan kesulitan yang menjadi problematika dan dilema yang terjadi pada mukallaf menuntut adanya penetapan hukum untuk mencapai kemaslahatan dan kepastian hukum guna menjawab permasalahan yang terjadi.  Sebelum adanya makalah ini, terdapat penjelasan tentang qaidah pokok dari masyaqqah tajlibu al-taisir, dan ini adalah tahap yang selanjutnya yaitu membaha

Tahapan – tahapan Dalam Tasawuf Untuk Mencapai Ma’rifat

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Melihat sejarah kehidupan dan perjuangan al-Gazali (450-505 H./1058-1111 M.) yang panjang dan melelahkan untuk mencari pengetahuan yang benar (al-makrifat) yang mampu meyakinkan dan memuaskan batinnya, akhirnya, ia temukan pengetahuan yang benar setelah ia mendalami dan mengamalkan ajaran kaum sufi. Dalam kajian ilmu tasawuf “Ma’rifat” adalah mengetahui Tuhan dari dekat, sedekat-dekatnya sehingga hati sanubari dapat melihat Tuhan”. Menurut shufi jalan untuk memperoleh ma’rifah ialah dengan membersihkan jiwanya serta menempuh pendidikan shufi yang mereka namakan maqamat, seperti hidup, taubat, zuhud, wara’, ikhlas, sabar, syukur, qona’ah, tawakal, ridlo, mahabbah,  barulah tercapai ma’rifat. Dengan kata lain ma’rifat  merupakan maqomat tertinggi dimana puncak seorang hamba bersatu dengan sang Khaliq.    Dalam makalah ini kita akan membahas tentang Ma’rifah dan Tahapan-tahapan untuk mencapai ma’rifat. Semoga makalah ini dapat bermanfaat

TAFSIR AYAT TENTANG KEBUTUHAN DAN KEINGINAN

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Al-Quran merupakan mukjizat yang sampai saat ini masih bisa kita pegang dan jumpai. Tak hanya mampu menjadi sumber hukum utama bagi umat Islam. Al-Quran juga mengandung beragam pengetahuan yang mampu mengikuti perkembangan zaman, tak terkecuali dalam hal ekonomi. Begitu banyak ayat al-Quran yang menerangkan mengenai kegiatan-kegiatan ekonomi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Terdapat beberapa ayat al-Quran yang menjelaskan hal tersebut. Di antara ayat tersebut terdapat dalam surat al-Mu’min ayat 80, al-Baqarah ayat 216, dan an-Nisa’ ayat 27 yang perlu dikaji lebih dalam demi terpenuhinya kebutuhan dan keinginan yang sesuai prinsip Islam. B.      Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang tersebut, penyusun merumuskan masalah-masalah yang akan dikaji dalam makalah ini adalah sebagai berikut: 1.       Bagaimana tafsir, kajian ekonomi, serta cotoh nyata dalam surat al-Mu’min ayat 80? 2.       Bagaimana tafsir, kajian eko