Kompetensi Dasar / Pokok Bahasan :
|
Lingkup Materi Soal :
|
Ket.
|
5.1. ,
5.3. dan 5.4.
PENGAMATAN GEJALA ALAM (
Biologi )
|
1.Gejala
Alam Biotik,2. Gejala Alam Abiotik, 3.Mikroskop :a.Jenis-jenis Mikroskop, b.
Bagian-bagian Mikroskop, c. Cara
menggunakan
mikroskop.
|
Hal 2
dst
|
5.2. GERAK
LURUS
( Fisika )
|
1.Pengertian
Gerak, 2. Macam-macam gerak berdasarkan lintasanya :a. Gerak lurus ( GLB dan
GLBB ),b.Gerak Parabola,
c.
Gerak Melingkar, 3. Kecepatan ( Pengertian,rumus dan sa-
tuan,soal
), 4. Percepatan : a. GLBB Dipercepatan, b. GLBB Di-
perlambat,b.Rumus
GLBB dipercepat dan diperlambat,beser-
ta
contoh-contohnya, 5. Gerak nyata dan gerak semu.
|
Hal
17 dst
|
6.1. CIRI-
CIRI MAKHLUK HIDUP ( Biologi )
|
1.Ciri-ciri
makhluk hidup,2.Berkembang Biak: a. Secara kawin
(Generatif),contohnya,
b. Secara tidak kawin (Vegetatif ),con-
tohnya,
3. Metamorfosis, 4. Fotosintesis,5. Gerak Tumbuhan
|
Hal
30 dst
|
6.2. KLASIFIKASI
MAKHLUK HIDUP ( Biologi )
|
1.
Keanekaragaman makhluk hidup, 2. Klasifikasi makhluk hi-
dup
:a.tujuan klasifikasi,b.Takson Dunia Hewan dan Tumbuh-an (Urutan: Species>
Genus>Familia> dst ),3. Macam-macam Sistem Kingdom,4.Ciri-ciri Tumb
Paku, 5.Ciri- ciri Tumbuhan Lumut,, 6.Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil dan
Monokotil.
|
Hal
39
dst
|
6.3.
ORGANISASI KEHIDUPAN
( Biologi )
|
1.Sel : a. Bagian-bagian sel (membrane sel,
protoplasma,inti)
b.Organel2
Sel, 2. Sel Hewan dan Tumbuhan, 3.Jaringan sel,
4.
Jaringan sel saraf ( Neuron
sensori, motorik, efektor ),
5.
Organ dan sistem organ pada manusia ,6. Jaringan pada tumbuhan
(Xilem,Floem,epidermis,parenkim ), 7.Organ pada
tumbuhan.
|
HAL 60
dst
|
7.1. EKOSISTEM
( Biologi )
|
1.Ekosistem,2.Komponen
Biotik dan abiotik Ekosistem,3.Or-
ganisme
heterotrof dan autotrof,contohnya,4.Rantai maka-
nan,5.Jaring-jaring
makanan,5.Simbiosis:Mutualisme,Komen-
salisme,
Parasitisme,contohnya, 6. Predasi , 7. Arus Energi
|
Hal 72
dst
|
7.2. KEANEKARAGAMAN
MAKHLUK HIDUP (Biologi )
|
1.Keanekaragaman
gen, 2. Sumber Daya Alam ( Pelestarian
dan
Perlidungan Alam : a. Suaka
Margasatwa,b.Cagar Alam ,
Hutan
wisata, Taman Nasional.
|
Hal 85
dst
|
7.3. PENGARUH
KEPADATAN
POPULASI MANUSIA THDP
LINGKUNGAN ( Biologi)
|
1.Populasi
penduduk, 2.Dinamika penduduk : a. Natalitas, b.
Mortalitas,
3. Kepadatan penduduk,4.Ketersediaan air bersih
4.
Tujuan Catur Warga, 5. Revolusi Hijau, 6. Revolusi Biru, 7.
|
Hal
95 dst
|
7.4.PENGELOLAAN
LINGKU-
NGAN ( Kimia-Biologi)
|
1.Kerusakan
Lingkungan, 2. Pencemaran : air, udara, tanah,
3. Efek rumah kaca, 4. Pemanasan Global, 5. Hujan Asam,
6.
Kerusakan Lapisan Ozon, 7. Sifat Zat
Pencemar udara : CO, CFC, CO2, NO2, SO2 dan asap.
|
Hal
107
dst
|
Sumber acuan referensi materi dari
buku :
|
1.LKS CERAH IPA Kelas VII SMP,
2. Buku Cerdas IPA SMP,
3.IPA TERPADU BIRU Tim Abdi Guru SMP/MTs
VII.
|
|
|
|
|
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Syariat Islam tidak mentaklifkan kepada manusia sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh mereka dan sesuatu yang boleh menjatuhkan mereka ke dalam kesusahan atau dengan sesuatu yang tidak bertepatan dan serasi dengan naluri serta tabiat mereka. Masyaqqah atau kesukaran yang akan menjadi sebab kepada keringanan dan dipermudahkan berdasarkan kaedah ini ( masyaqqah tajlibu al-taisir ) ialah masyaqqah yang melampaui hal biasa dan tidak mampu ditanggung oleh manusia pada kebiasaannya, bahkan bisa memudaratkan diri seseorang dan menghalanginya dari melakukan amal yang berguna. Kesukaran dan kesulitan yang menjadi problematika dan dilema yang terjadi pada mukallaf menuntut adanya penetapan hukum untuk mencapai kemaslahatan dan kepastian hukum guna menjawab permasalahan yang terjadi. Sebelum adanya makalah ini, terdapat penjelasan tentang qaidah pokok dari masyaqqah tajlibu al-taisir, dan ini adalah tahap yang selanjutnya yaitu membaha
Comments
Post a Comment