Sebentar lagi bulan ramadhan, dan
lebaran pun tiba. Moment lebaran yang paling ditunggu adalah berkumpul keluarga
besar sambil menikmati ketupat dan suguhan jajanan. Akan tetapi ada yang unik
dalam hal jajanan lebaran yaitu wafer yang langka di saat lebaran yang jadi primadona
rebutan anak-anak disaat lebaran. Wafer ini terdapat pada merk roti terkenal
yaitu Khong Guan, dimana dalam kaleng Khong Guan banyak variasi rotinya tapi
disetiap isinya pasti terselip 1 bungkus wafer coklat supernya.
Sadarkah sobat apa alasan di balik anak-anak
suka memburu wafer ini? Bahkan dulu jika kamu berhasil mendapatkannya atau
merebutnya dari adik, kakak atau teman pasti ada rasa kepuasan tersendiri. Dalam
sebuah penelitian menyatakan kondisi itu terjadi karena LE non-moment term.
LE non-moment term adalah teknik
membuat suatu produk yang secara sengaja terbatas alias produk limited edition
(LE). Psikologi manusia yang terbayang saat mengetahui adanya produk LE
beranggapan barang-barang tersebut eksklusif, terbatas jumlahnya. Selain itu
juga memberikan gambaran kualitas super dan terbaik dari sekian banyak produk yang
dikeluarkan produsen pabrik tersebut.
Nah, satu bungkus wafer coklat di
kaleng Khong Guan ini ternyata merupakan produk LE non-moment term. Produsen memang
sengaja membuatnya dengan tujuan tertentu, salah satunya meningkatkan penjualan
brand produknya.
Padahal sebenarnya dalam teori
pemasaran tak pernah ada konsep produk LE. Sebab, pada prinsipnya setiap
produsen justru ingin produknya diterima konsumen dan dipasarkan dalam skala
besar dan dalam jangka panjang, bukan membatasi jumlah produksi. Kalau
membatasi jumlah produksi seperti konsep LE itu, berarti mengurangi potensi
untung dan mengurangi produk di pasar. Ternyata, LE ini mampu meningkatkan
brand produk di mata konsumen di seluruh nusantara, sungguh cemerlang ide
penggagas teori ini. Unik kan !!!
Comments
Post a Comment